Pengertian Topologi dan Macam-macamnya

Topologi Jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainya sehingga membentuk sebuah Jaringan, topologi biasa di rancang agar kita tau bagaimana jaringan yang akan dibangun.

Berikut adalah macam – macam topologi jaringan:

1. BUS

Topologi jaringan BUS hanya menggunakan satu kabel untuk menghubungkan komputer server dan client, sehingga sering terjadi error pada saat pengiriman data tetapi dalam menggunakan topologi ini tentu akan hemat. Namun kelemahannya adalah ketika salah satu komputer client rusak maka jaringan akan merusak semuanya.

2. STAR

Kelebihannya yaitu mudah untuk mengetahui komputer yang bermasalah karena topologi ini menggunakan switch/hub sebagai penghubung dan juga akan sangat mudah jika anda ingin menambahkan client tanpa menggangu client lainnya, jika salah satu komputer client rusak juga tidak berpengaruhkepada komputer client lainnya. Kelemahannya yaitu memerlukan biaya yang lebih besar, karena menggunakan banyak kabel.

3. RING

 

Topologi RING bentuknya seperti lingkaran, dan kabel dipasang 1 komputer ke komputer lainnya, sehingga transfer data akan di transfer ke 1 per 1 komputer, topologi ini sangat mudah di bangun dan biaya nya murah, tetapi jika salah satu kabel terputus, jaringan tidak bisa beroperasi.

sumber kutipan: http://id.wikipedia.org/wiki/Topologi

One thought on “Pengertian Topologi dan Macam-macamnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s