Jaringan Komputer

Sistem Jaringa Komputer adalah gabungan atau kumpulan dari beberapa komputer yang dapat diakses secara bersama – sama dan dapat berhubungan dengan work station dan client.

Sedangkan komunikasi data adalah pengiriman data secara elektronik dari satu tempat ke tempat lain melalui suatu media komunikasi, dan data yang dikirimkan tersebut adalah hasil yang akan diproses oleh suatu sistem komputer.

Dalam jaringan ada tiga komponen utama yang harus dipahami, yaitu :

  •  Node berfungsi sebagai sumber atau penerima dari data yang dikirimkan.
  • Link sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara node yang satu dengan node lainnya.
  • Software yaitu program yang mengatur dan mengelola jaringan secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi data dan periferal dalam jaringan.

Berikut ini beberapa klasifikasi tipe jaringan komputer yang ada :

1.    Berdasarkan letak geografis
  • Local Area Network (LAN) = jaraknya antara ruangan ke ruangan dan gedung ke gedung.
  • Metropolitan Area Network (MAN) = jaraknya antara kota ke kota.
  • Wide Area Network (WAN) = jaraknya antara negara ke negara.
2.    Berdasarkan arsitektur jaringan
  • jaringan peer to peer
  • jaringan berbasis server (server-based network/server-client network)
  • jaringan hibrid.
3.    Berdasarkan teknologi transmisi
  • Jaringan switch, merupakan jaringan yang penyampaian informasi dari pengirim ke penerima melalui mesin-mesin perantara atau saluran telepon,
  • Jaringan broadcast, merupakan jaringan yang penyampaian informasi dari pengirim ke penerima dilakukan secara broadcast (disiarkan ke segala arah) baik melalui saluran kabel maupun saluran tanpa kabel.

Ada tiga bentuk arsitektur yang umum digunakan dalam jaringan komputer:

1.    Jaringan peer to peer
Setiap komputer memiliki posisi sejajar dan dalam hierarki yang sama. Setiap komputer bisa menjadi klien terhadap komputer peer lainnya, setiap komputer juga bisa berbagi sumber daya dengan komputer yang berada dalam jaringan peer-to-peer . Data diletakkan secara desentralisasi pada setiap anggota jaringan, dan tidak memerlukan administrator jaringan.
Aliran informasi bisa mengalir di antara dua komputer secara langsung, di mana pun. Jika ingin memproteksi file dan folder, maka kita dapat menggunakan password, dapat juga diatur agar orang-orang tertentu tidak bisa menggunakan periferal tertentu.
Sifat jaringan peer to peer gunanya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan komputer, sehingga komunikasi data terjadi antar komputer dengan hierarki yang sama karena setiap komputer dapat berfungsi sebagai server maupun klien.
Jaringan peer-to-peer
Gambar  Jaringan peer-to-peer
2.    Jaringan client/server
Adalah software yang mengontrol keseluruhan kerja jaringan berada pada server. Jaringan ini bisa menghubungkan ratusan komputer dengan tingkat keamanan yang tidak dimungkinkan dalam jaringan peer-to-peer karena melebihi ambang batasannya.
Jaringan ini bisa diatur sehingga setiap klien harus log on ke server sebelum bisa memanfaatkan sumber daya yang terhubung ke server. Server lalu mengotentikasi klien dan memverifikasi bahwa komputer yang digunakan klien tersebut memiliki izin untuk log on ke jaringan, dengan memeriksa username dan password klien tersebut terhadap database pada server.
Jaringan client/server
Gambar Jaringan client/server

3.   Jaringan Hybrid
Jaringan ini merupakan gabungan dari sifat pada jaringan peer to peer dan client/server. Workgroup yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dapat mengelola sumber daya tanpa membutuhkan otorisasi dari administrator jaringan atau server. Pada jenis jaringan ini, terdapat pula sifat dari jaringan client/server sedemikian sehingga tingkat keamanan dapat lebih terjaga dan adanya server yang mempunyai suatu fungsi layanan tertentu, seperti sebagai file server, print server, database server, mail server, dan lainnya.

sumber kutipan : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s